Penilaian

PENGEMBANGAN KISI-KISI

Oleh : Moh Zamzuri

FUNGSI

  • Pedoman penulisan soal
  • Pedoman perakitan soal

SYARAT KISI-KISI

  • Mewakili isi kurikulum
  • Singkat dan jelas
  • Soal dapat disusun sesuai dengan bentuk soal.

KOMPONEN KISI-KISI

  • Identitas
  • SK/KD/Indikator Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Indikator Soal
  • Bentuk Tes
  • Nomor Soal

INDIKATOR SOAL

  • Indikator soal sebagai pertanda atau indikasi pencapaian kompetensi
  • Indikator menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur
  • Indikator mengacu pada materi pembelajaran sesuai kompetensi

TEKNIK PERUMUSAN INDIKATOR

1. Bila Soal Terdapat Stimulus

Rumusan indikatornya:

Disajikan …, siswa dapat menjelaskan ….

2. Bila Soal Tidak Terdapat Stimulus

Rumusan indikatornya :

Siswa dapat membedakan ….

MENUNTUT PENALARAN TINGGI

DIBERIKAN DASAR PERTANYAAN (STIMULUS)

MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

1. Membandingkan

  • Jelaskan persamaan dan perbedaan antara … dan ….
  • Bandingkan dua cara berikut tentang ….

2. Hubungan sebab-akibat

  • Apa penyebab utama ….
  • Apa akibat ….

3. Memberi alasan (justifying)

  • Manakah pilihan berikut yang kamu pilih, mengapa?
  • Jelaskan mengapa kamu setuju/tidak setuju dengan pernyataan tentang ….

4.  Meringkas

  • Tuliskan pernyataan penting yang termasuk ….
  • Ringkaslah dengan tepat isi ….

5. Menyimpulkan

  • Susunlah beberapa kesimpulan yang bersasal dari data ….
  • Tulislah sebuah pernyataan yang dapat menjelaskan peristiwa berikut ….

6. Berpendapat (inferring)

  • Berdasarkan …, apa yang akan terjadi bila ….
  • Apa reaksi A terhadap ….

7. Mengelompokkan

  • Kelompokkan hal berikut berdasarkan ….
  • Apakah hal berikut memiliki ….

8.  Menciptakan

  • Tuliskan beberapa cara sesuai dengan ide Anda tentang ….
  • Lengkapilah cerita … tentang apa yang akan terjadi bila ….

9.  Menerapkan

  • Selesaikan hal berikut dengan menggunakan kaidah ….
  • Tuliskan … dengan menggunakan pedoman ….

10. Analisis

  • Manakah penulisan yang salah pada paragraf ….
  • Daftar dan beri alasan singkat tentang ciri utama ….

11. Sintesis

  • Tuliskan satu rencana untuk pembuktian ….
  • Tuliskan sebuah laporan ….

12.  Evaluasi

  • Apakah kelebihan dan kelemahan ….
  • Berdasarkan kriteria …, tuliskanlah evaluasi tentang ….

MENGUKUR KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

1. Mengidentifikasi masalah

Contoh indikator soal: Disajikan deskripsi suatu situasi/masalah, siswa dapat mengidentifikasi masalah yang nyata atau masalah apa yang harus  dipecahkan.

2. Merumuskan masalah dalam bentuk pertanyaan

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah pernyataan yang berisi sebuah masalah, siswa dapat merumuskan masalah dalam bentuk pertanyaan.

3. Memahami kata dalam konteks

Contoh indikator soal: Disajikan beberapa masalah yang konteks kata atau kelompok katanya digarisbawahi, siswa dapat menjelaskan maknanya yang berhubungan dengan masalah itu dengan kata-katanya sendiri.

4. Mengidentifikasi masalah yang tidak sesuai

Contoh indikator soal: Disajikan beberapa informasi yang relevan dan  tidak relevan terhadap masalah, siswa dapat mengidentifikasi semua  informasi yang tidak relevan.

5. Memilih masalah sendiri

Contoh indikator soal: Disajikan beberapa masalah, siswa dapat  memberikan alasan satu masalah yang dipilih sendiri, dan menjelaskan cara penyelesaiannya.

6. Mendeskripsikan berbagai strategi

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah pernyataan masalah, siswa dapat memecahkan masalah ke dalam dua cara atau lebih, kemudian  menunjukkan solusinya ke dalam gambar, diagram, atau grafik.

7. Mengidentifikasi asumsi

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah pernyataan masalah, siswa dapat memberikan solusinya berdasarkan pertimbangan asumsi untuk saat ini dan yang akan datang.

8. Mendeskripsikan masalah

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah pernyataan masalah, siswa dapat menggambarkan sebuah diagram atau gambar yang menunjukkan  situasi masalah.

9. Memberi alasan masalah yang sulit

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah masalah yang sukar  dipecahkan atau informasi pentingnya dihilangkan, siswa dapat  menjelaskan mengapa masalah ini sulit dipecahkan atau melengkapi informasi penting yang dihilangkan.

10. Memberi alasan solusi

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah pernyataan masalah dengan  dua atau lebih kemungkinan solusinya, siswa dapat memilih satu solusi yang paling tepat dan memberikan alasannya.

11. Memberi alasan strategi yang digunakan

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah pernyataan masalah dengan dua atau lebih strategi untuk menyelesaikan masalah, siswa dapat memilih satu strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah itu dan memberikan alasannya.

12. Memecahkan masalah berdasarkan data dan masalah

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah cerita, kartun, grafik atau tabel dan sebuah pernyataan masalah, siswa dapat memecahkan masalah dan menjelaskan prosedur yang dipergunakan untuk menyelesaikan masalah.

13. Membuat strategi lain

Contoh indikator soal:  Disajikan sebuah pernyataan masalah dan satu  strategi untuk menyelesaikan masalanya, siswa dapat menyelesaikan masalah itu dengan menggunakan strategi lain.

14. Menggunakan analogi

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah pernyataan masalah dan strategi penyelesaiannya, siswa dapat: (1) mendeskripsikan masalah lain (analog dengan masalah ini) yang dapat diselesaikan dengan menggunakan strategi itu, (2) memberikan alasannya.

15. Menyelesaiakan secara terencana

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah situasi masalah yang  kompleks, siswa dapat menyelesaikan masalah secara terencana mulai dari input, proses, output, dan outcomenya.

16. Mengevaluasi kualitas solusi

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah pernyataan masalah dan  beberapa strategi untuk menyelesaikan masalah, siswa dapat: (1) menjelaskan dengan menerapkan strategi itu, (2) mengevaluasinya, (3) menentukan strategi mana yang tepat, (4) memberi alasan mengapa strategi itu paling tepat dibandingkan dengan strategi lainnya.

17. Mengevaluasi strategi sistematikanya

Contoh indikator soal: Disajikan sebuah pernyataan masalah, beberapa strategi pemecahan masalahnya, dan prosedurnya, siswa dapat mengevaluasi strategi pemecahannya berdasarkan prosedur yang disajikan.

SOAL PILIHAN GANDA

JENIS SOAL PILIHAN GANDA

  • POKOK SOAL (STEM) PERTANYAAN                DIAKHIRI TANDA  ?
  • POKOK SOAL (STEM) PERNYATAAN                  DIAKHIRI TANDA  . . . .

KOMPONEN SOAL PG

  • STEM (POKOK SOAL)
  • OPTION

KAIDAH PENULISAN SOAL PG

  1. Soal harus sesuai dengan indikator
  2. Pengecoh harus berfungsi
  3. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar
  4. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
  5. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar.
  6. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
  7. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
  8. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama
  9. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “Semua pilihan jawaban di atas salah/benar”.
  10. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka atau kronologis waktunya.
  11. Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi.
  12. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
  13. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
  14. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
  15. Bahasa yang digunakan harus komunikatif,  sehingga pernyataannya mudah dimengerti warga belajar/siswa.
  16. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat jika soal akan digunakan untuk daerah lain atau nasional.
  17. Pilihan jawaban jangan mengulang kata/frase yang bukan merupakan satu  kesatuan pengertian. Letakkan kata/frase pada pokok soal.

SOAL URAIAN

SOAL URAIAN adalah soal yang jawabannya menuntut peserta tes untuk mengorganisasikan gagasan atau hal-hal yang telah dipelajarinya dengan cara mengemukakan gagasan tsb dalam bentuk tulisan.

KAIDAH PENYUSUNAN SOAL URAIAN

  1. Soal sesuai dengan indikator
  2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sudah sesuai
  3. Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran
  4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas
  5. Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
  6. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
  7. Ada pedoman penskorannya
  8. Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
  9. Rumusan kalimat soal komunikatif
  10. Butir soal menggunakan bahasa Indonesia yang baku
  11. Tidak menggunakan kata/ungkapan yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
  12. Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu
  13. Rumusan soal tidak mengandung kata/ungkapan yang dapat  menyinggung perasaan siswa

Dapat diunduh juga 1) PEDOMAN PENILAIAN Anda tinggal klik di sini.

2) PENILAIAN HASIL BELAJAR SD

  1. chingjy
    16 Mei 2013 pukul 1:31 pm

    makasih,,sangat bermanfaat^^

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: