GO UN GO BEDAH SKL

Apa kabar sahabat, semoga kebaikan dan kesehatan senantiasa bersama kita. Tak terasa semester genap telah berjalan hampir dua pekan, dan kita mulai mempersiapkan anak didik kita untuk siap mengikuti UN SD dengan penuh semangat dan optimis untuk sukses meraih yang terbaik. Kesiapan anak didik kita sangat bergantung dengan motivasi untuk selalu ingin meraih yang terbaik, terbaik, dan terbaik.
Motivasi terdiri dari motivasi internal dan eksternal. Motivasi internal yang berasal dari dalam anak didik kita dan motivasi eksternal berasal dari luar diri anak didik kita. Motivasi internal bersumber karena ada dorongan yang kuat untuk meraih tujuan tertentu dari siswa. Sedangkan motivasi eksternal bersumber dari orang lain dan lingkungan yang mampu memberikan dorongan untuk meraih tujuan anak didik kita. Sahabat posisi kita dimana? Sahabat adalah orang yang mampu memberikan motivasi untuk anak didiknya. Motivasi yang sahabat berikan hendaknya memberikan inspirasi terhadap anak didiknya.

Sahabat,…
Mungkin kita pernah mengalami hal sama. Ketika kita mengajari putra-putri kita yang memperoleh tugas dari Bapak/Ibu gurunya. Kebetulan ada yang berbeda dengan pandangan sahabat. Betapa sulitnya kita meluruskan pandangan yang berbeda tersebut, karena putra putri kita yakin sekali yang paling benar adalah Bapak/Ibu gurunya. Nah begitulah posisi sahabat, sebagai inspirator yang luar biasa. Sebagai inspirator sahabat hendaknya melakukan berbagai inovasi untuk mensukseskan anak didiknya.
Lingkungan dapat wujudkan bersama berbagai pihak. Budaya sekolah dan kerjasama dengan orang tua/wali juga hal yang tak boleh diabaikan. Mulailah dengan diskusi kecil dengan rekan sejawat sahabat, sampaikan program-program sahabat. Bangunlah budaya berbagi dan jangan segan bertanya. Barangkali hal-hal kecil yang kita bagikan akan memberikan banyak pengetahuan baru yang belum pernah kita dapatkan. Jangan lupa doa orang tua adalah obat yang mujarab. Mari kita sampaikan, agar anak didik kita senantiasa meminta doa restu orang tuanya.

Sahabat langkah kecil dapat kita mulai dari memahami kisi-kisi SKL, kemudian membedah tiap indikatornya mulai dari isi materi yang ditanyakan dan menguraikan lebih rinci pokok pertanyaan. Lakukan tahap demi tahap tak perlu terburu-buru mengejar kuantitas try out yang sahabat berikan. Kualitas penyajian dipengaruhi oleh metode, model, setrategi, atau model-model pembelajaran.

Yuk, kita mulai!….sekarang.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: