Beranda > Uncategorized > Langkah-langkah Persiapan Menulis Soal Ujian Sekolah/Madrasah TP 2014/2015

Langkah-langkah Persiapan Menulis Soal Ujian Sekolah/Madrasah TP 2014/2015


UJIANA. Penulisan Soal
1. Penanggung jawab penyiapan naskah soal adalah sekolah penyelenggaran ujian.
Sekolah dapat menunjuk guru sebagai Tim Penyusun Soal dengan kriteria:
a. Menguasai materi pelajaran yang akan diujikan
b. mempunyai kemampuan menulis soal yang baik (diutamakan yang pernah dilatih dalam penilaian pendidikan)
c. memiliki sikap dan perilaku yang jujur, bertanggung jawab, teliti, tekun, dan dapat memegang teguh kerahasiaan.
Sekolah yang belum mampu menyiapkan bahan ujian secara mandiri dapat menyiapkan bersama sekolah/madrasah lain.
(misalnya KKG Gugus/KKG Kecamatan)
2. Tugas Penyusun Naskah Soal adalah sebagai berikut:
a. Menyusun naskah soal ujian tertulis dan praktik sesuai dengan kisi-kisi ujian SD/MI tahun pelajaran 2014/2015 yang disusun oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
b. Naskah soal yang disusun setiap matapelajaran terdiri atas:
1. 1 (satu) paket ujian tulis utama dan
2. 1 (satu) paket ujian tulis susulan
setiap paket dilengkapi dengan:
– Lembar soal
– Lembar jawaban
– Kunci jawaban
– Petunjuk Penilaian
c. Penyusunan soal mempertimbangkan
– bobot tiap butir soal
– alokasi waktu
– jumlah soal dan
– bentuk soal
4. Tempat Penulisan Soal
Tempat pelaksanaan penulisan soal dipusatkan disuatu tempat pada sekolah/madrasah/gugus yanga tejaga kerahasiaan dan keamananya
5. Naskah soal adalah karya orisinil dari tim penyusun, diketik, terbaca, digandakan dan dikemas dengan memperhatikan kelayakan kualitas bahan ujian.
6. Tim penyusun perangkat naskah soal harus memiliki sikap dan perilaku jujur, bertanggung jawab, teliti, tekun, dan dapat memegang teguh kerahasiaannya.
B. Penelaahan dan Perbaikan Soal
1. Naskah yang disusun perlu ditelaah berdasarkan kaidah penulisan soal dan diteliti kebenarannya dari segi bahasa, isi, (materi), bentuk, maupun kelengkapan administrasinya untuk selanjutnya diperbaiki sehingga menjadi naskah soal yang siap pakai.
2. Penelaahan dan perbaikan soal dapat dilakukan oleh Guru atau pengawas TK/SD yang telah ditunjuk oleh sekolah.
3. Setiap mata pelajaran ditelaah dan diperbaiki sedikitnya oleh 2 (dua) orang.
Kriteria yang harus dipenuhi sebagai penelaah adalah sebagai berikut:
a. Mempunyai kemampuan dan ketelitian menelaah dan memperbaiki soal diutamakan penilaian pendidikan
b. Bersikap dan berperilaku jujur, bertanggung jawab, teliti, tekun dan dapat memegang teguh kerahasiaan.
c. Tidak merangkap sebagai penyusun soal.
C. Pengetikan Naskah Soal
Naskah soal diketik dengan menggunakan kertas berkualitas standar.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengetikan naskah soal ujian adalah sebagai berikut.
l. Menggunakan mesin ketik manual, mesin ketik listrik atau komputer dengan ukuran huruf fontasi setara dengan 12 point
2. Jarak antar baris 1 spasi
3. Jarak antar butir soal 2 spasi
4. Gambar, ilustrasi, grafik dan wacana harus jelas dan terbaca serta diletakkan dalam satu kesatuan butir soal.
5. Diusahakan agar tidak ada satu butir soal berikutnya yang terpisah ke halaman/lembar
D. Penggandaan Bahan Ujian
Naskah Soal yang telah selesai ditelaah (final), akan digandakan sesuai dengan alokasi
jumlah peserta ujian dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
1. Kualitas cetakan memadai sehingga mudah untuk dibaca serta menggunakan kertas
berkualitas standar.
2. Apabila dicetak dua muka (bolak balik) tidak menimbulkan bayangan pada
halaman dibaliknya.
3. setiap eksemplar dicek kembali kelengkapan dan jumlah halamannya.
4. Naskah Soal, Lembar Jawaban, Berita Acara, dan Daftar Hadir dikemas dalam satu
amplop.
5. Tempat penggandaan dipusatkan disuatu tempat pada SD/IMI atau gugus sekolah
dengan memperhatikan segi keamanan dan kerahasiaan.

E. Contoh Langkah Kerja

1. Pengarahan dan Kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan Ujian Sekolah/Madrasah

2. Brainstorming teknik penulisan soal

3. Penjelasan Kaidah Penulisan Soal

4. Berkelompok berdasarkan matapelajaran

5. Menulis soal Ujian Sekolah/Madrasah di Kartu Soal

6. Telaah dalam kelompok

7. Ditelaah oleh tim Penelaah Soal Ujian Sekolah

8. Perbaikan kembali oleh tim penulis soal

9. Perakitan soal menjadi paket soal tulis utama dan susulan

10. Penelitian dan perbaikan oleh tim penelaah

11. Penyerahan master soal dan siap digandakan

Berikut dapat diunduh:

KAIDAH SOAL PG SD
TELAAH SOAL US
KARTU SOAL

FORM SOAL UJIAN SEKOLAH

kalau ada yang perlu ditanyakan via email: elzambrods@gmail.com atau inbox via FB Moh Zamzuri

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: