Beranda > Uncategorized > Asyiknya Belajar dan Bekerja Bersama Mbah Google

Asyiknya Belajar dan Bekerja Bersama Mbah Google


Ditulis oleh : Moh. Zamzuri

Dewasa ini siapa yang tak kenal dengan interconnection networking atau lebih dikenal internet. Internet adalah sistem jaringan yang dapat menghubungkan antar perangkat komputer yang tak terbatas oleh tempat dan waktu. Keberadaannya seakan menembus batas negara tanpa kecuali. Dalam dunia pendidikan kehadirannya sangat bermanfaat. Para praktisi, pendidik, siswa dipermudah untuk berbagai hal. Misalnya untuk memperoleh referensi seseorang tak perlu repot-repot mencari-cari buku di perpustakaan lagi. Seseorang cukup menuliskan kata kunci pada mesin pencari. Tanpa menunggu lama apa yang dicari dapat ditemukan sesuai dengan kebutuhan. Salah satu mesin pencari yang akrab dengan kita adalah Google. Karena akrabnya dan mampu memberi informasi berbagai hal yang diinginkan sehingga banyak orang menjulukinya dengan sebutan Mbah Google….
Saat ini telah menjadi tuntutan zaman untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Untuk itu ada beberapa teknik dalam memanfaatkan mesin pencari semacam Google.

1. Teknik Penyaringan
a.  Menggunakan Tanda (+)
Hasil pencarian akan memuat lebih dari satu kata kunci, contoh:
+metode+pendekatan
Saat menerima masukan itu maka mesin pencari akan menampilkan informasi yang memuat metode dan pendekatan, tidak bisa menampilkan salah satu saja.
b.  Menggunakan Tanda (+ -)
Hasil pencarian akan memuat kata kunci dengan pengecualian, contoh:
+pahlawan+kemerdekaan-tengku
Saat menerima masukan itu maka mesin pencari akan menampilkan informasi yang memuat pahlawan dan kemerdekaan kecuali yang mengandung unsur Tengku
c.  Menggunakan Tanda (“…”)
Hasil pencarian akan memuat kata kunci dengan lebih dari satu kata atau frasa, contoh:
“sejarah mataram”
Saat menerima masukan itu mesin pencari akan menampilkan informasi yang memuat sejarah mataram, tidak akan menampilkan salah satu dari dua kata tersebut.

2.  Teknik Tipe file atau Filetype
Pengguna dapat memanfaatkan format tipe file yang dibutuhkan dan dapat langsung diunduh, contoh:
+teknik+menyusun+ptk filetype:doc
Saat menerima masukan itu mesin pencari akan menampilkan file dalam bentuk documen (word) yang memuat frasa teknik menyusun ptk.
contoh file type antara lain:
doc  = word
xls    = exel
pdf   = acrobat
ppt   = power point

3. Pencarian Canggih Google
Mesin pencari Google memberikan fasilitas pencarian canggih (advanced search) dengan menu. Nah untuk lebih jelas tipe ini silahkan kunjungi http://www.google.co.id/advanced search dan perhatiakn menu-menu yang disediakan.

Setiap hal yang ada di dunia ini akan memberikan dampak positif dan negatif. Untuk itu akan lebih baik dan bijak jika kita dapat mengambil manfaat dari sisi positifnya.

Salam dari kkgsatubojonegoro
10-01-2013

Sumber: Agus rahmani.2011.pemanfaatan teknologi search engine sebagai sarana penunjang proses pembelajaran.ppptkbahasa.kemdiknas

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: