Beranda > OPINI > MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SOAL UN BAGI GURU SD/MI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SOAL UN BAGI GURU SD/MI TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Oleh : Moh. Zamzuri

Dalam rangka melaksanakan Ujian Nasional Pemerintah melalui BSNP telah menetapkan Peraturan Badan Standar Nasional tentang Kisi-kisi Soal Ujian Nasional untuk Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2012/2013 Nomor : 0019/P/BSNP/XI/2012.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan dalam pasal 1 Kisi-kisi UN tahun 2012/2013 disusun berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemudian dalam pasal 2 disebutkan bahwa Kisi-kisi UN ini digunakan sebagai acuan penyusunan Soal UN 2012/2013. Dalam peraturan ini ada point penting yang sebelumnya belum ada, yaitu Kisi-kisi UN Tahun 2012/2013 untuk Pendidikan Dasar dan Menengah ini berlaku selama tiga tahun.

Dengan diterbitkan kisi-kisi ini banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengambil “keuntungan”. Misalnya banyak pihak di luar guru yang mengambil langkah awal dengan membedah kisi-kisi UN dan menyusun soal untuk keperluan Try Out. Bagi Guru yang enggan melakukannya untuk membedah kisi-kisi dan menyusun soal akan memilih jalan “membeli” atau sejenisnya. Akibatnya guru masih sering tertinggal oleh pihak lain di luar guru. Ketertinggalan ini disebabkan kurangnya pengetahuan guru dalam membedah kisi-kisi dan kurangnya kemampuan guru dalam menyusun soal dengan baik berdasarkan kisi-kisi yang ada.

Setelah guru mendapatkan kisi-kisi UN 2012/2013 ini, apa yang hendak dilakukan?. Jangan sampai guru telah mendapatkan kisi-kisi tapi tidak memanfaatkan dengan maksimal.

Berbagai permasalah tersebut memunculkan pertanyaan-pertanyaan, antara lain:

  1. Apakah masih ada guru yang belum bisa menyusun soal sesuai dengan kisi-kisi UN?
  2. Bagaimana peningkatan kemampuan guru menyusun soal yang benar berdasarkan kisi-kis UN?

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut penulis mengharapkan:

  1. Tidak ada lagi guru yang belum bisa menyusun soal sesuai dengan kisi-kisi UN.
  2. Guru dapat menyusun soal dengan benar berdasarkan kisi-kisi UN.

Sebelum menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan untuk menulis soal, terlebih dahulu penulis ingin menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan kisi-kisi. Hal ini dimaksudkan agar guru nantinya tidak kesulitan dalam membedah kisi-kisi dan menulis soal dengan baik.

Apakah pengertian kisi-kisi?

Kisi-kisi dapat didefinisikan sebagai matrik informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis dan merakit soal menjadi tes.

Apakah fungsi kisi-kisi?

Kisi-kisi berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan atau dalam melakukan perakitan tes.

Apakah manfaat kisi-kisi?

Dengan menggunakan kisi-kisi, penulis soal akan dapat menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes dan perakit tes akan mudah menyusun perangkat tes.

Bagaimana ciri-ciri kisi-kisi yang baik?

Ciri-ciri kisi-kisi yang baik adalah: 1) Mewakili isi kurikulum/kemampuan yang akan diujikan; 2) Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami; 3) Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan.

Bagaimana komponen-komponen kisi-kisi?

Komponen-komponen kisi-kisi terdiri dari 2 kolompok, yaitu:

  1. Kelompok Identitas

1)      Jenjang Pendidikan

2)      Program/Jurusan

3)      Bidang studi/mata pelajaran

4)      Tahun ajaran

5)      Kurikulum yang diacu/dipergunakan

6)      Jumlah soal

7)      Bentuk soal

  1. Kelompok Matriks

1)      Kompetensi

2)      Materi yang akan diberikan/dijadikan soal

3)      Indikator

4)      Nomor urut soal (jika diperlukan)

Bagaimana langkah-langkah menyusun kisi-kisi?

Langkah-langkah menyusun kisi-kisi ini dapat digambarkan sebagaimana bagan berikut ini!

 

Kompetensi adalalahkemampuan minimal yang harus dikuasai siswa setelah mempelajari materi pelajaran tertentu. Kompetensi  ini diambil dari kurikulum.

Materi adalah bahan ajar yang harus dikuasai siswa berdasarkan kompetensi yang akan diukur. Penentuan materi (bahan ajar) yang akan diambil disesuaikan dengan indikator yang akan disusun.

Indikator adalah ciri-ciri perilaku yang dapat diukur sebagai petunjuk untuk membuat soal.

Soal disusun berdasarkan indikator yang telah dibuat.

Bagaimana memilih materi yang akan dibuat kisi-kisi?

Materi yang akan dibuat adalah materi yang esensial. Kriterianya yaitu: 1) merupakan materi lanjutan pendalaman dari satu materi yang sudah dipelajari sebelumnya. 2) merupakan materi penting  yang harus dikuasai oleh siswa. 3) merupakan materi yang sering diperlukan untuk mempelajari bidang studi lain 4) merupakan materi yang berkesinambungan yang terdapat pada semua jenjang kelas. 5) merupakan materi yang memiliki nilai terapan dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah pengertian Indikator?

Indikator adalah suatu rumusan yang menggunakan  kata kerja operasional, memuat perilaku siswa, dan memuat materi yang akan diukur sesuai dengan uraian materi yang dipilih. Ciri-ciri indicator yang baik adalah memuat kompetensi dasar yang akan diukur, memuat kata kerja operasional yang dapat diukur, berkaitan dengan materi (bahan ajar) yang dipilih dan dapat dibuatkan soalnya.

Bagaimana kaidah penulisan soal pilihan ganda?

Di atas telah dijelaskan bagaimana menyusun kisi-kisi soal. Sekarang bagaimana menyusun soal yang baik berdasarkan kisi-kisi yang ada. Untuk itu penulis akan menjelaskan kaidah-kaidah penulisan soal pilihan ganda. Kaidah penulisan soal pilihan ganda ini dilihat dari 3 sudut pandang, yaitu: materi, konstruksi dan bahasa.

Materi: 1) Soal harus sesuai dengan indikator. 2) Pilihan jawaban harus homogin dan logis. 3) Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar.

Contoh : Pilihan jawaban harus homogin dan logis.

Bu guru menjelaskan kepada muridnya … besok ulangan umum.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ….

     a.  bahwa

     b.  tetapi

     c.  mengapa

     d.  karena

Konstruksi: 1) Pokok soal harus dirumuskan secara jelas. 2) Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja. 3) Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar. 4) Pokok soal  jangan  mengandung  pernyataan yang bersifat negatif ganda. 5) Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama. 6) Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan, “semua pilihan jawaban di atas salah”, atau “semua pilihan jawaban di atas benar”. 7) Pilihan  jawaban  yang  berbentuk angka harus disusun berdasarkan  urutan besar kecilnya nilai angka  tersebut. 8) Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya  yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi. 9) Butir materi soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.

Contoh : Pokok soal  jangan  mengandung  pernyataan yang bersifat negatif ganda

Sumber daya alam berikut ini tidak dapat diperbarui, kecuali ….

     a.  tembaga

     b.  minyak bumi

     c.  tanah

     d.  batu bara                       Kunci : C

Bahasa: 1) Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. 2) Jangan menggunaan bahasa yang berlaku setempat. 3) Menggunaan bahasa yang komunikatif. 4) Pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.

Contoh : Pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.

Ketika gunung itu meletus, sebagian penduduk di sekitarnya mulai mengungsi. Kata mengungsi berarti ….

a.  pergi menyelamatkan diri ke tempat yang sejuk

b.  pergi menyelamatkan diri ke tempat yang jauh

c.  pergi menyelamatkan diri ke tempat yang dekat

d.  pergi menyelamatkan diri ke tempat yang aman

     Kunci: D

Demikianlah cara menyusun kisi-kisi dan menulis soal UN. Semoga setelah memperhatikan penjelasan yang penulis paparkan kemampuan guru-guru untuk menulis soal UN atau US mengalami peningkatan. Selamat mencoba dan berkarya.

Silahkan unduh di sini:

Kisi-Kisi-SDMI-SDLB-tahun-2012-2013

SK-Kisi-Kisi-tahun-2012-2013

  1. kkg balen
    15 Desember 2012 pukul 3:56 pm

    tank for newknowlege ….kkg balen very apressiate your program

    Suka

  2. Budiono
    8 Januari 2013 pukul 9:15 pm

    ya makasih infonya,jadwal KKG Kapan yaaaaa,dimanaaaa?

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: