Beranda > Penilaian Kinerja Guru > KONSEP DAN IMPLEMENTASI PKB

KONSEP DAN IMPLEMENTASI PKB


PKB adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang  merupakan  kendaraan  utama  dalam  upaya  membawa perubahan  yang  diinginkan  berkaitan  dengan  keberhasilan siswa.  Dengan  demikian  semua  siswa  diharapkan  dapat mempunyai  pengetahuan  lebih,  mempunyai  keterampilan lebih  baik,  dan  menunjukkan  pemahaman  yang  mendalam tentang materi  ajar  serta mampu memperlihatkan  apa  yang mereka  ketahui  dan  mampu  melakukannya.  PKB  mencakup
berbagai  cara  dan/atau  pendekatan  dimana  guru  secara berkesinambungan  belajar  setelah  memperoleh  pendidikan dan/atau  pelatihan  awal  sebagai  guru.  PKB mendorong  guru untuk memelihara  dan meningkatkan  standar mereka  secara keseluruhan  mencakup  bidang‐bidang  berkaitan  dengan pekerjaannya  sebagai  profesi.  Dengan  demikian,  guru  dapat memelihara,  meningkatkan  dan  memperluas  pengetahuan dan kerampilannya  serta membangun kualitas pribadi yang dibutuhkan di dalam kehidupan profesionalnya.
Melalui  kesadaran  untuk memenuhi  standar  kompetensi profesinya  serta  upaya  untuk  memperbaharui  dan meningkatkan kompetensi profesional selama periode bekerja sebagai guru, PKB dilakukan dengan komitmen secara holistik terhadap  struktur  keterampilan  dan  kompetensi  pribadi  atau bagian  penting  dari  kompetensi  profesional.  Dalam  hal  ini adalah  suatu  komitmen  untuk  menjadi  profesional  dengan memenuhi  standar  kompetensi  profesinya,  selalu memperbaharuimya,  dan  secara  berkelanjutan  untuk  terusberkembang.  PKB  merupakan  kunci  untuk  mengoptimalkan kesempatan  pengembangan  karir  baik  saat  ini  maupun  ke depan.   Untuk  itu,  PKB  harus  mendorong  dan  mendukung perubahan  khususnya  di  dalam  praktik‐praktik  dan pengembangan karir guru.Pada  prinsipnya,  PKB  mencakup  kegiatan  perencanaan, pelaksanaan,  evaluasi,  dan  refleksi  yang  didesain  untuk meningkatkan  karakteristik,  pengetahuan,  pemahaman,  dan keterampilan.

PKB  adalah  bagian  penting  dari  proses  pengembangan keprofesionalan  guru.  PKB  tidak  terjadi  secara  ad‐hoc  tetapi dilakukan  melalui  pendekatan  yang  diawali  dengan perencanaan  untuk  mencapai  standar  kompetensi  profesi (khususnya  bagi  guru  yang  belum  mencapai  standar kompetensi sesuai dengan hasil penilaian kinerja, atau dengan kata  lain  berkinerja  rendah), mempertahankan/menjaga  dan mengembangkan  pengetahuan,  keterampilan  dan  perolehan pengetahuan  dan  keterampilan  baru.  PKB  dalam  rangka pengembangan  pengetahuan  dan  keterampilan  merupakan tanggung‐jawab  guru  secara  individu  sesuai  dengan masyarakat  pembelajar,  jadi  sangat  penting  bagi  guru  yang berada  di  ujung  paling  depan  pendidikan.  Oleh  karena  itu, agar  PKB  dapat  mendukung  kebutuhan  individu  dan meningkatkan  praktik‐praktik  keprofesianalan maka  kegiatan PKB harus:

  1. menjamin kedalaman pengetahuan  terkait dengan materi ajar yang diampu;
  2. menyajikan  landasan  yang  kuat  tentang  metodologi pembelaran (pedagogik) untuk mata pelajaran tertentu;
  3. menyediakan  pengetahuan  yang  lebih  umum  tentang proses  pembelajaran  dan  sekolah  sebagai  institusi  di samping  pengetahuan  terkait  dengan  materi  ajar  yang diampu  dan  metodologi  pembelaran  (pedagogik)  untuk mata pelajaran tertentu;
  4. mengakar  dan merefleksikan  penelitian  terbaik  yang  ada dalam bidang pendidikan;
  5. berkontribusi  terhadap  pengukuran  peningkatan keberhasilan peserta didik dalam belajarnya;
  6. membuat  guru  secara  intelektual  terhubung  dengan  ide‐ide dan sumberdaya yang ada;
  7. menyediakan  waktu  yang  cukup,  dukungan  dan sumberdaya  bagi guru agar mampu menguasai  isi materi belajadan pedagogi serta mengintegrasikan dalam praktik‐praktik pembelajaran sehari‐hari;
  8. didesain  oleh  perwakilan  dari mereka‐mereka  yang  akan berpartisipasi  dalam  kegiatan  PKB  bekerjasama  dengan para ahli dalam bidangnya;
  9. mencakup  berbagai  bentuk  kegiatan  termasuk  beberapa kegiatan  yang  mungkin  belum  terpikirkan  sebelumnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan saat itu.

Unsur kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  terdiri dari tiga macam kegiatan, yaitu:

  • Pengembangan Diri ;
  1. mengikuti diklat fungsional
  2. melaksanakan kegiatan kolektif guru
  • Publikasi Ilmiah
  1. membuat publikasi ilmiah atas hasil penelitian
  2. membuat publikasi buku
  • Karya Inovatif
  1. menemukan teknologi tetap guna
  2. menemukan/menciptakan karya seni
  3. membuat/memodifikasi alat pelajaran
  4. mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya
  1. 27 April 2012 pukul 9:49 pm

    Reblogged this on kkg satu bojonegoro.

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: