Beranda > Gapura Kita > Standar Pengembangan Program KKG

Standar Pengembangan Program KKG


Undang-undang  RI  Nomor  14  tahun  2005  tentang  Guru  dan  Dosen, mempersyaratkan  guru  untuk:  (i)  memiliki  kualifikasi  akademik  minimum S1/D4;,    (ii);  memiliki  kompetensi    sebagai  agen  pembelajaran  yaitu kompetensi  pedagogik,  kepribadian,  sosial,    dan    profesional;  dan  (iii) memiliki    sertifikat  pendidik.    Dengan  berlakunya  Undang-undang  ini diharapkan  memberikan  suatu  kesempatan  yang  tepat  bagi  guru    untuk meningkatkan  profesionalismenya melalui  pelatihan,  penulisan  karya ilmiah,    pertemuan  di  Kelompok  Kerja  Guru  (KKG).  Dengan  demikian  KKG  memiliki  peran  penting  dalam  mendukung  pengembangan profesional guru. Untuk  mewujudkan  peran  KKG  dalam  pengembangan profesionalisme guru, maka peningkatan kinerja kelompok kerja guru (KKG) merupakan masalah yang hendaknya segera direalisasikan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengembangkan program KKG. Dibawah ini disampaikan standar pengembangan program KKG.

  1. Penyusunan program KKG dimulai dari menyusun Visi, Misi , Tujuan, sampai kalender kegiatan.
  2. Program KKG diketahui oleh Ketua KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD) atau Ketua MKKS (Musyawarah  Kerja Kepala Sekolah) dan disyahkan oleh Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan.
  3. Program KKG terdiri dari program rutin dan program pengembangan.
  4. Program rutin sekurang-kurangnya terdiri dari:
    a. Diskusi permasalahan pembelajaran
    b. Penyusunan silabus, program semester, dan Rencana Program Pembelajaran
    c. Analisis kurikulum (SK-KD-INDIKATOR)
    d. Penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran
    e. Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi Ujian Nasional
  5. Program pengembangan dapat dipilih sekurang-kurangnya tiga dari kegiatan-kegiatan berikut:
    a. Penelitian
    b. Penulisan Karya Tulis Ilmiah
    c. Seminar, lokakarya, koloqium (paparan hasil penelitian), dan diskusi panel
    d. Pendidikan dan Pelatihan berjenjang (diklat berjenjang)
    e. Penerbitan jurnal KKG
    f. Penyusunan website KKG
    g. Forum KKG provinsi
    h. Kompetisi kinerja guru
    i. Peer Coaching (Pelatihan sesama guru menggunakan media ICT)
    j. Lesson Study (kerjasama antar guru untuk memecahkan masalah pembelajaran)
    k. Professional Learning Community (komunitas-belajar professional)
    l. TIPD (Teachers International Professional Development)/ kerja-sama MGMP internasional
    m. Global Gateway (kemitraan lintas negara)

Lebih jelasnya bisa diunduh di bawah ini :

1. SOPKKGDANMGMPBuku1

2. standar-pengembangan-kkg-mgmp


Kategori:Gapura Kita
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: